ads

Berikut Permasalahan Seputar Info GTK dan solusinya buat Oprator Sekolah \

1. Cek Info GTK Status Rekening merah atau tanda silang (x) : anda tidak usah panik tenang saja nanti akan dibuatkan rekening oleh Pusat.

2. Untuk Guru TK, tidak diperkenankan Lintas jenjang, misalnya secara tiba-tiba pindah ke SD. itu sama sekali tidak di perbolehkan. Jadi Guru TK haruslah konsisten dalam pekerjaan nya
3. Jika data setelah di Cek Info GTK ada keterangan : "Lulus di Kementerian lainnya", itu menandakan data masih diproses.. jadi jangan panik. Hematlah tenaga anda, perjuangan masih panjang

4. Di Lembar Cek Info GTK, untuk yang belum Sertifikasi jangan dilihat Validasinya (yang disilang atau diceklis). Dilihat baik-baik datanya "VALIDASI TUNJANGAN PROFESI"
5. Kesalahan yang sering terjadi di Jenjang PAUD : Pembelajaran tidak diisi, Dipastikan Mapping rombel masih salah pembagiannya.

6. Sesuai peraturan dan perundang-undangan TK nggak ada Team Teaching (Guru Pendamping). 1 Rombel 1 Guru kelas & Kepala Sekolah. bukan 1 Rombel 1 Guru Kelas, Guru Pendamping & Kepala Sekolah.
7. Jika setelah 4 hari data Cek Info GTK belum update atau berubah, segera lakukan sinkron ulang, ada kemungkinan data nyangkut di awan.

8. Gelar tidak boleh dimasukkan atau di entrykan di aplikasi dapodik seperti : Hj, Raden, S.Pd dan lain lain Misal, Yudi Wahyudi, S.Pd, Hj. Yudi Wahyudi, S.Pd. Cukup Nama saja : Misal : Yudi Wahyudi. Jadi segera beritahukan hal ini kepada Operator Sekolah untuk segera membenahi.
9. NUPTK yang di inputkan di dapodik harus NUPTK milik PTK tersebut tidak boleh menggunakan NUPTK milik orang lain Contoh : PTK A meninggal dunia lalu NUPTK nya digunakan oleh PTK B , maka di info GTK akan terditeksi NUPTK di gunakan oleh 2 orang walaupun PTK A sudah meninggal. Untuk cek Keaktifan NUPTK 2016 silahkan klik Cek Keaktifan NUPTK

10. Keaktifan PTK di Penugasan, sesuai dengan bulan berjalan. Misal kalau sekarang Januari, mala "Ceklis" Januari, Bulan Pebruari Ceklis itupun tiap diakhir bulan dan seterusnya. (Intinya adalah centang keaktifan PTK setiap satu bulan sekali sesuai dengan bulannya ) 11. Jenis PTK kalau di entry "Lainnya" tidak akan muncul di pembelajaran. Yang boleh dimasukkan Lainnya hanya Penjaga Sekolah (kebanyakan pada jenjang SD).
Jika memang demikian, Operator Sekolah diwajibkan untuk mengecek kembali data yang telah diinput dalam dapodik kemudian melakukan sinkronisasi kembali. di samping itu sebaiknya melakukan konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat yang menangani tunjangan GTK jenjang Dikmen.

12. Data di Cek info GTK akan di Kunci setelah keluar SKTP, data yang dikunci, dapat dibuka kuncinya di info GTK ada buka kunci klik usulan , prosesnya 4 hari, bila kunci tidak bisa di buka maka SIM TUNJANGAN kab/kota pun tidak akan bisa membuka. 13. Semua Jenis Tunjangan diambil dr Dapodik. Jadi selalu Cek Data Info GTKnya, Kalo sudah oke/valid bisa lebih dulu terbit SKTP nya.
Demikian Penyebab Data PTK tidak Valid di Info GTK, semoga bisa membantu kawan-kawan yang memang sampai saat ini belum Valid juga di Info GTKnya, sekian terimakasih, jangan lupa ya jika bermanfaat silahkan di share, salam satu data berkualitas.
Show comments