ads

Bulan Ramadhan sudah hampir tiba, bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Bulan yang di dalamnya juga terdapat satu malam yang lebih baek daripada seribu bulan, dan yang paling penting adalah bulan dimana setiap orang Muslim laki-laki dan perempuan yang mukallaf wajib melakukan puasa...  Puasa sendiri di definisikan sebagai menahan, ya... menahan dari segala sesuatu yang membatlkan puasa seperti : makan, minum, merokok, berjima' dengan istri dan lain-lain pada saat siang di bulan romadhon ... 

Pada saat bulan Ramadhan, biasanya cuaca panas atau tiba musim kemarau... pada saat itupula tantangan yang di hadapi umat Muslim menjadi lebih berat (menurut sebagian orang). Dengan adanya keadaan ini, terkadang muncul sebuah permasalahan bagi laki-laki yang bekerja mencari nafkah. Mereka (para lelaki yange bekerja) terkadang mengeluhkan adanya puasa.. mereka merasa tidak mungkin berpuasa sambil bekerja. karena pekerjaan (profesi) mereka adalah pekrja kasar seperti : kuli bangunan atau nelayan. Bisa anda bayangkan sendiri, jika saat siang hari, cuaca panas menyengat mereka (para kuli bangunan dan nelayan) bekerja sambil berpuasa... pasti rasanya akan sangat susah untuk bertahan hingga buka puasa tiba, sehingga terjadilah sebuah kebingungan, dimana mereka bingung memilih antara bekerja dan berpuasa... 

Jika demikian, hal yang paling tepat di lakukan adalah "Bekerja sambil Berpuasa". karena keduanya sama - sama merupakan kewajiban bagi lelaki yang sudah beristri (atau mempunyai anak / keluarga). 
namun jika keduanya tidak bisa kita lakukan, maka hal yang benar adalah kita harus dan wajib memlih berpuasa daripada bekerja dengan pertimbangan sebagai berikut :


  • Puasa di bulan Romadhon hukumnya wajib dan termasuk rukun Islam : Kewajiban puasa adalah kewajiban rukun dimana setiap muslim yang mukallaf wajib melakukanya kecuali ada Udzur. Boleh tidak berpuasa jika ada Udzur meskipun wajib Qodho' pada saat / waktu yang lain sebelu jatuh puasa di tahun berikutnya.
  • Bekerja mencari nafkah tidak termasuk Udzur / keringanan berpuasa. 
  • Kewajiban yang berupa rukun di dahulukan daripada kewajiban yang bukan rukun meskipun keduanya sama-sam wajib di lakukan dan tidak boleh di tinggalkan.
Dari 3 pertimbangan di atas, dapat di simpulkan bahwa, orang yang bekerja di siang hari pada saat bulan ramadhan tidak boleh tidak tetap harus berpuasa. dan jika seandainya tidak memungkinkan untuk berpuasa, maka tinggalkanlah pekerjaannya, dan carilah pekerjaan lain selama  bulan puasa... Insya Allah Rezeki dari Allah tidak hanya ada di kuli bangunan atau nelayan dan sebaginya.

Show comments