ads

Belajar yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Guru sebagai pendidik, pengajar sekaligus pembimbing harus mengetahui poin-poin penting agar anak / siswa yang belajar dapat menghasilkan sesuatu yang optimal. Berikut cara yang tepat bagi guru untuk membimbing anak agar belajar dengan dan optimal... :
  • Belajar tidak hanya menghafal, akan tetapi siswa harus mengkonsultasikan pengetahuan di benak mereka sendiri.
Menghafal.. Metode ini menjadi masyhur pada dulu. Dulu sekali sebelum datang metode metode baru. Sejak munculnya metode2 baru inilah. metode mneghafal justru kurang di minati.
  • Anak belajar dari mengalami. anak mencatat sendiri pola-pola bermakna dari pengetahuan baru dan bukan di beri begitu saja oleh guru.
Pengalaman adalah guru yang terbaik. itulah sebenarnya yang terjadi. Guru seyogyanya mampu membimbing anak menemukan sendiri hal yang mereka tidak tau.
  • Para ahli sepakat bahwa pengetahuan yang di miliki seseorang itu terorganisasi dan mencerminkan pemahaman yang mendalam tentang suatu persoalan (subject matter)
  • pengetahuan tidak dapat di pisahkan menjadi fakta-fakta atau proposisi yang terpisah, tetapi mencerminkan keterampilan yang dapat diterapkan.
  • manusia mempunyai tingkatan yang berbeda dalam menyikapi situasi yang baru. 
  • Siswa perlu dibiasakan memecahkan masalah, menemukan sesuatu yang baru yang berguna bagi dirinya, dan bergelut dengan ide-ide. 
  • Proses belajar dapat mengubah struktur otak. perubahan struktur itu berjalan seiring dengan perkembangan organisasi pengetahuan dan keterampilan seseorang. Untuk itu perlu di pahami, strategi belajar yang salah dan terus menerus dipajankan akan mempengaruhi struktur otak. yang akan pada akhirnya mempengaruhi cara seseorang berperilaku. 
Show comments