ads

Oprator Sekolah ... Adalah orang yang selalu bekerja dengan data - data sekolah., bisa dengan Online ataupun Offline. Pekerjaan ini mungkin banyak menyita waktu dan tenaga. Sehingga muncul keluhan, rengekan bahkan tangisan (yang ini jarang) di group-group facebook dan lainnya. Mereka (Oprator Sekolah) menganggap bahwa pekerjaan ini amat berat dan susah utuk di kerjakan. walau sebenarnya ini sangatlah mudah dan enteng (bagi sebagian orang)...

Entri data, Validasi, Sinkron, Verval PD, Verval PIP dan Padamu Negeri adalah hal yang selalu ada di otak OPS (oprator sekolah). Tak heran banyak oprator sekolah merasa stres ini itu dan lain sebagainya... --- padahal ..... ----- Hakikatnya, semua pekerjaan itu amatlah mudah di lakukan jika OPS tau dan pintar dalam mengatur pekerjaannya.

1. Memasukkan Data :
Ini adalah hal yang paling membosankan menurut saya untuk di lakukan. karena mata harus melirik sana-sini antara data yang ada di lembaran kertas di ketik dan di masukkan kedalam aplikasi Dapodik. Sungguh inilah pekerjaan yang paling membosankan (bukan berarti sulit). 

2. Validasi :
Setelah semua data terisi waktunya untuk melakukan Validasi, ini adalah yang paling mudah dan tidak membosankan. Hanya dengan mengklik Validasi, dan tinggal menunggu proses selesai dan cek kevalid - an datanya.. 

3. Sinkronisasi 
Yaaaa. Pada awal-awal tahun pelajaran 2014 - 2015 Baik semster 1 dan semster 2 ., tahap ini adalah tahap yang paling banyak di keluhkan. Mereka (Opratos Sekolah) banyak merengek dan meminta bantuan di group-group facebook hanya karena tidak bisa snkron. Bahkan, sebagian lagi menyalahkan koneksi yang dipakainya sendiri. Mereka beranggapan, server tidak dapat menampung lonjakan data yang dikirim oleh oprator seluruh indonesia.. Padahal menurut saya, ini juga termasuk pekerjaan yang mudah dan tidak perlu keluhan dan rengekan. tidak perlu juga begadang tengah malam hanya ingin sukses waktu melakukan sinkron. dan tidak perlu juga menyalahkan server dapodik ataupun koneksi yang ada. semua bisa di akali tapi jika anda pintar dalam mempergunakan akal yang sudah ada. 

Mungkin suatu saat, jika ada lagi kendala yang sama saat tahun ajaran baru atau sangat di butuhkan, saya akan menulis tutorial tentang "cara mudah sinkron dapodik tanpa begadang dan tanpa keluhan". Tapi sekali lagi, kalau itu di butuhkan... 

4. Verval PD ...
Proses verval PD ini juga adalah sesuatu yang harus di lakukan. bahkan wajib di lakukan oleh Oprator Sekolah. Tahap ini juga tidak sulit untuk di lakukan, hanya bermodalkan koneksi seadanya saja, kita sudah dapat menyelesaikan pekerjaan ini. Jika anda tau alur pengerjaaanya ini menjadi sesuatu yang paling asik di lakukan :D . yang menjadi kendala hanyalah untuk masuk ke Web Verval PD terasa sedikit sulit (bagi yang tidak tau) tapi akan terasa mudah bagi mereka yang berpengalaman dan terbiasa dalam meng otak atik koneksi.

5. Verval PIP 
Terjadi banyak kendala pada tahap ini. tahap ini di lakukan pada tahun 2015 (sekarang) saat ini di tulis. dimana setelah melakukan verval PIP data siswa banyak yang menjadi ganda.. Oprator Sekolah pada bingung, panik dan lain-lain.. Seharusnya kita lakukan saja tahapan ini dengan biasa, jika terdapat data ganda pada siswa, tinggal di tunggu saja prosesnya. karena kita yakin, TIM DAPODIK yang di psat sana akan bekerja untuk memperbaeki ini semua. tidak perlu panik ini dan itu... 

6. Padamu Negeri :
Aplikasi ini, di kerjakan secara online. tidak bisa Offline. banyak oprator mengeluh karena terlalu banyaknya menu yang membuatnya menjadi bingung harus darimana di kerjakan. 
Sebenarnya. semua pekerjaan di Padamu Negeri sudah ada tutorial lengkapnya di : bantuan.siap.online.com . harusnya Oprator Seklah tinggal mebca saja apa yang di butuhkan disana. karena disana tutorial yang disajikan sangtlah lengkap dan disertai dengan gambar... daripada bertanya di facebook yang kadang jawaban atau solusi yang di dapat kurang jelas. 

7. Dimarahi  Kepala Sekolah .
Ini hanya kadang-kadang saja terjadi. dan hanya di sebagian sekolah. penyebabnya adalah biasanya Dana BOS tidak Cair atau terlambat. Sehingga yang menjadi sasarannya adalah OPRATOR SEKOLAH.... Menurut saya, itu adalah hal yang wajar, karena Oprator Sekolah bertanggung jawab atas seluruh data-data yang di kelolanya. Kepala Sekolah hanyalah pemantau dan pelengkap jika Oprator membutuh ini itu dan sebagainya. Jadi, Oprator Sekolah yang Kepala Sekolahnya marah-marah haraplah bersabar dan intropeksi diri anda kira-kira apa yang salah dalam pekerjaan anda dan carilah solusinya. Jangan lantas Update status begini dan begitu di facebook, BBM dan twitter. Ahhh itu adalah hal yang menjijikkandan tidak dewasa. 

8. Gaji Yang Minim:
Sebesar apapun atau sekecil apapun honor yang di trima. akan terasa nikmat bila di syukuri,,, coba syukuri apa yang ada, jangan mengeluh dan mengadu kesana kemari, curhat sana sini yang tidak berguna... Bersyukurlah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Niscaya akan di tambahnya. karena itu adalah janjinya...
Show comments