ads

Meminta maaf atas sebuah kesalahan adalah sikap kstria dan sangat di ajurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan, sebagai Umat Islam yang kental akan budaya ke Islaman, kita di anjurkan selalu meminta maaf. Baik dalam sebuah kesalahan ataupun tidak. Sebagai contoh, saat hari raya (lebaran tiba) seluruh umat Islam saling meminta maaf antara satu dengan yang lainnya. walaupun mereka tidak pernah berbuat salah. Karena meminta maaf adalah sikap terpuji dan patut untuk di puji apalagi dalam sebuah kesalahan yang anak anda perbuat. 

Wahai orang tua, ajarkanlah anak-anakmu meminta maaf atas segala kesalah mereka yang telah di lakukan. Baik kepada teman sebayanga sat bermain, kepada kakek dan neneknya juga kepada anda sendiri. Karena hal yang demikian itu akan membuat anak terbiasa kelak saat dia sudah dewasa. 

Seorang anak yang selalu di ajarkan meminta maaf, dia akan selalu merekam apa yang telah di aarkan orang tuanya. terlebih lagi saat dia sedang melakukan kesalahan. Jika anda sebagai orang tua justru sering membela anak anda ketika terjadi pertikaian anak-anak sebaya, maka anda termasuk orang tua yang tidak berpengalaman. Bertikai atau bertengkar dengan teman spermainan si anak adalah hal yang wajar. Maka berikanlah mereka nasehat-nasehat agar supaya anak terlebih dahulu meminta maaf saat melakukan kesalahan. dan pendidikan yang speerti ini akan menjauhkan si anak dari sifat sombong dan egois juga selalu menang sendiri, 

Pintar-pintarlah anda sebagai orang tua mendidik anak anda. Berikan mereka masukan bahwa meinta maaf atas kesalahan adalah sifat terpuji dan patut untuk selalu di terapkan. 

Nabi Bersabda :
“Tidak halal seorang muslim menjauhi kawannya lebih dari tiga hari. Jika telah lewat waktu tiga hari itu, maka berbicaralah dengan dia dan berilah salam, jika dia telah menjawab salam, maka keduanya bersama-sama mendapat pahala, dan jika dia tidak membalasnya, maka sungguh dia kembali dengan membawa dosa, sedang orang yang memberi salam telah keluar dari dosa karena menjauhi itu.” (Riwayat Abu Daud).

Hadits tersebut mengajarkan betapa pentingnya meminta maaf dan memberi maaf. Karena muslim dengan muslim lainnya adalah saudara dan tidak boleh ada ikatan permusuhan di antaranya. 
Show comments